Monday 9 May 2016

Update!! 5 Hal yang Mungkin Anda Tidak Tahu Tentang Gunung Everest (part 2)

 5 Hal yang Mungkin Anda Tidak Tahu Tentang Gunung Everest (part 2)

1. Everest Ini Tumbuh

Kedua ide Cina dan Nepal memgenai tinggi gunung Everest ini mungkin salah, karena tidak sesuai dengan ukuran yang lebih baru.

Sebuah tim peneliti menemukan pada tahun 1994 bahwa Everest terus tumbuh sekitar 4 milimeter (0,16 di) setiap tahun. Benua India awalnya merupakan daratan independen yang bertabrakan dengan Asia, membentuk Himalaya, dan lempeng benua yang masih bergerak , hal ini mendorong pegunungan menjadi lebih tinggi. Baca juga: fakta gunung Everes yang masih dicari kebenarannya

Peneliti dari Amerika Millennium Ekspedisi pada tahun 1999 menempatkan perangkat satelit global positioning bawah puncak untuk mengukur pertumbuhan. Temuan yang lebih akurat mereka dari teknologi modern menyebabkan ketinggian resmi Everest yang berubah ke 8850 meter (29.035 kaki). Sementara itu aktivitas tektonik lainnya sebenarnya masih tinggi,  tapi gerakan keseluruhan tampaknya masih ke atas.


2. Beberapa Nama

Meskipun kita tahu sebagai pribumi gunung "Everest," pribumi Tibet telah menyebut gunung dengan nama kuno " Chomolungma " (juga dieja Qomolangma) selama berabad-abad. Nama Tibet berarti "Dewi Ibu Mountains." Tapi itu bukan satu-satunya nama lain yang berlalu. Orang-orang Nepal tahu itu sebagai "Sagarmatha ," yang berarti "Dahi di Sky," sehingga gunung sekarang menjadi bagian dari Nepal "Sagarmatha National Park."

Gunung itu hanya bernama "Everest" ketika surveyor Inggris Andrew Waugh gagal menemukan nama lokal yang umum digunakan. Setelah mempelajari peta dari daerah sekitarnya dan masih tidak mampu membuat keputusan, dia bernama gunung setelah India Surveyor Jenderal George Everest, kepala tim Inggris yang pertama kali disurvei Himalaya. Kolonel Everest keberatan dengan kehormatan, tapi Inggris secara resmi berganti nama untuk gunung dari "Puncak XV" ke "Gunung Everest" pada tahun 1865.


3. Sebuah Traffic Jam Manusia

Meskipun Everest biaya ribuan dolar untuk mendaki, lebih banyak orang daripada mencoba untuk KTT itu. Pada tahun 2012, pendaki gunung Jerman Ralf Dujmovits menangkap gambar mengejutkan menunjukkan ratusan pendaki antri untuk mencapai puncak. Ralf telah membuat keputusan untuk kembali di South Col gunung karena kondisi cuaca yang buruk ketika ia melihat antrian menyakitkan panjang . Baca juga: 5-keindahan gunung merbabu

Pada tanggal 19 Mei 2012, pendaki berkerumun satu landmark di dekat puncak menghadapi antrian selama dua jam. Dalam perjalanan hanya setengah hari, 234 orang berhasil mencapai puncak-tapi empat orang tewas, meningkatkan kekhawatiran besar atas proses pendakian. Spesialis Nepal tahun itu menambahkan tali tetap baru untuk mengurangi kemacetan, dan bahkan ada pembicaraan dari memasang tangga permanen.



Foto yang tak terhitung jumlahnya dokumen pendaki dalam perjalanan mereka ke puncak Everest, tetapi kita jarang melihat gambar dari apa yang mereka tinggalkan. Everest dikotori dengan tidak hanya mayat pendaki tapi diperkirakan 50 ton sampah , dengan lebih tertinggal setiap musim. Lereng yang dipenuhi botol oksigen seakan diabaikan peralatan mendaki, dan banyak kotoran manusia.

The Eco Everest Expedition telah memukul gunung setiap tahun sejak 2008 untuk mengatasi masalah itu, dan mereka telah mengumpulkan lebih dari 13 ton sampah sejauh ini. Pemerintah Nepal telah menetapkan aturan baru mulai tahun 2014 yang pendaki harus masing-masing membawa turun 8 kilogram (18 lb) sampah pada keturunan mereka, jika tidak mereka akan kehilangan $ 4.000 deposito mereka .

Seniman yang bekerja pada "Everest 8848 Art Project" telah berubah 8 ton sampah, termasuk tenda rusak dan kaleng bir, menjadi 75 karya seni . Enam puluh lima kuli bekerja selama dua ekspedisi musim semi untuk membawa turun sampah, dan seniman mengubahnya menjadi patung dan kerajinan lainnya.

5. Ini Bukan The Mountain Tertinggi

Meskipun Gunung Everest adalah titik tertinggi di Bumi dari permukaan laut, Mauna Kea.
gunung berapi Hawaii yang sudah tidak aktif memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia.

Puncak Everest pada ketinggian yang lebih tinggi, tapi itu tidak membuatnya lebih tinggi. Mauna Kea hanya dapat mencapai ketinggian 4.205 meter (13.796 kaki) di atas permukaan laut, tetapi gunung berapi meluas luar biasa 6.000 meter (20.000 kaki) di bawah permukaan air. Dihitung dari dasar di dasar laut, tinggi penuh berdiri di 10.200 meter (33.465 kaki)

Bahkan, tergantung pada bagaimana Anda mengukurnya, Everest tidak lah gunung tertinggi maupun puncak tertinggi
Chimborazo, di Ekuador, hanya mencapai 6.267 meter (20.661 kaki) di atas permukaan laut, tetapi itu adalah titik tertinggi dari pusat yang tepat dari bumi. Hal ini karena Chimborazo terletak hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa. Bumi tonjolan di bagian tengah tubuh, sehingga permukaan laut Ekuador duduk jauh dari pusat planet dari Nepal.

Anda biasanya dapat menemukan Katie di perpustakaan, memeriksa buku lebih dari dia dapat membawa.

1 comment:

  1. Terimakasih atas kunjungannya.
    Untuk keritik dan sarannya bisi anda tulis disini.

    ReplyDelete